Ini Baru Keren, Demi Membantu Masyarakat, Polsek Dongko Trenggalek Ciptakan Mobil “Patroli Gentong”

62 views

Polres Trenggalek – Apa jadinya kalau kendaraan patroli polisi dirubah menjadi mobil tangki air ? ini benar-benar terjadi di kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Adalah Kapolsek Dongko AKP Tri Basuki yang berinisiatif memodifikasi kendaraan dinas Polsek dengan memasang sebuah tandon air ukuran 1.800 liter yang diberi nama “Patroli Gentong”.

Wilayah Kecamatan Dongko yang didominasi perbukitan dan pegunungan memang salah satu daerah rawan kekeringan. Saban tahun bisa dipastikan hampir seluruh desa mengalami kesulitan air bersih saat kemarau panjang.

Tak mau berdiam diri AKP Tri Basuki atau yang lebih dikenal dengan panggilan Tribas inipun turun tangan mencoba membantu masyarakat dalam hal pendistribusian air bersih. Sudah seminggu ini jajaran Polsek Dongko berkeliling ke desa-desa untuk memberikan bantuan air bersih.

Disinggung nama patroli gentong, AKP Tribas menjelaskan, gentong adalah kuali ukuran besar yang biasa dipakai menampung air oleh warga pedesaan. Sehingga sangat pas jika disebut patroli gentong karena tugas utamanya adalah membagikan air kepada warga.

Ngedum Banyu (membagikan air.red) sekalian sambang desa dan berdialog soal Kamtibmas dengan masyarakat” jelas AKP Tribas.

AKP Tribas menambahkan, sebelum melangkah pihaknya telah memetakan terlebih dahulu wilayah yang kekurangan air bersih dan berkoordinasi dengan unsur 3 pilar mengingat keterbatasan sarana penunjang.

“Polsek hanya punya satu kendaraan yang dimodif. Sementara wilayah cakupannya cukup luas. Jadi dalam satu hari bisa 2 sampai 3 kali kirim air ke desa-desa. Untuk hari ini giliran desa cakul dan pandean” Tambahnya.

Pengambilan air pun juga bukan perkara mudah. Personel Polsek Dongko harus mengambil air di desa sumberbening dengan medan yang cukup berat apalagi dengan membawa muatan. Pun demikian, dengan penuh semangat dan keikhlasan, personel Polsek Dongko tak kenal lelah tetap berupaya membantu masyarakat yang sedang kesulitan mendapatkan air bersih.

“Semoga, apa yang kami lakukan ini, meskipun sederhana. Bisa bermanfaat bagi masyarakat” Pungkas AKP Tribas

polres trenggalek

Posting Terkait