Hati-Hati Pada Isu Hoax Yang Menyesatkan

114 views

Polres Trenggalek – Pernyataan Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek desa Jombok Bripka Sarwanto, menanggapi adanya pemberitaan yang miring jauh dari kebenaran yang ada yang sifat provokatif disejumlah media sosial yang tidak perlu disebutkan salah satunya. Kegiatan penyampaian perlunya kewaspadaan terhadap berita hoax disampaikan pada kegiatan arisan rutin setiap bulan di desa Jombok, Sabtu ( 10/3/2018).

 

“ Kalau kita makan sepenuhnya pemberitaan mengenai salah satu kejadian tanpa adanya pemberitaan pembanding, bisa dikawatirkan akan terjebak pada pemberitaan bohong. Yang intinya malah akan mengajak kepada pelanggaran aturan yang ada, “ kata Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Bripka Sarwanto menjelaskan kepada anggota arisan lainya.

 

Dalam kegiatan arisan yang dilakukan disalah satu perangkat desa Jombok, para kades dan perangkatnya juga turut hadir dalam kegiatan sehingga upaya penyampaian yang dilakukan Bripka Sarwanto bisa efektif. “ melalui kegiatan ini diharapkan para stakeholder yang ada didesa turut mensosialisasikan kepada warga agar waspada pada pelaku penyebar kabar Hoax, “ lanjut Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Bripka Sarwanto.

 

Menurut penuturan yang disampaikan Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Bripka Sarwanto, Berita hoax seringkali menggunakan judul sensasional yang provokatif, misalnya dengan langsung menudingkan jari ke pihak tertentu. Isinya pun bisa diambil dari berita media resmi, hanya saja diubah-ubah agar menimbulkan persepsi sesuai yang dikehendaki sang pembuat hoax.

Oleh karenanya, apabila menjumpai berita denga judul provokatif, sebaiknya Anda mencari referensi berupa berita serupa dari situs online resmi, kemudian bandingkan isinya, apakah sama atau berbeda. Dengan demikian, setidaknya Anda sebabagi pembaca bisa memperoleh kesimpulan yang lebih berimbang.

polres trenggalek

Posting Terkait