Gladi Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke 109 di Kecamatan Kampak Trenggalek

84 views

Polres Trenggalek – Setiap tanggal 20 Mei, Indonesia selalu memperingati hari Kebangkitan Nasional, seperti kegiatan upacara seperti latihan gladi upacara yang dilaksanakan di lapangan Kecamatan Kampak Trenggalek, Sabtu (20/05).

Tujuan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini adalah untuk terus memelihara dan menguatkan semangat nasionalisme kebangsaan kita dalam melaksanakan berbagai kegiatan yang bermanfaat untuk memajukan bangsa dan negara, tentunya harus sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

Pelaksanaan gladi upacara dilaksanakan oleh petugas upacara dari SMA Kampak dengan pelatih dari Koramil Kampak dan Aiptu Suwarno Kasihumas Polsek Kampak Polres Trenggalek.

Hari kebangkitan Nasional dimaknai sebagai kebangkitan nasionalisme bangsa di masa lalu dalam rangka memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia untuk melawan berbagai bentuk penindasan/penjajahan negara lain.

Kebangkitan Nasional tak lepas dari sejarah Budi Utomo dimana “Budi” artinya perangai atau tabiat sedangkan “Utomo” berarti baik atau luhur. Oleh karenanya, tujuan didirikannya Budi Utomo adalah untuk mencapai sesuatu berdasarkan atas keluhuran budi, kebaikan perangai atau kemahirannya.

“Gladi meliputi tata cara pengibaran bendera serta tata cara pelaporan pada saat upacara, serta diharapkan pada saat pelaksanaan upacara dapat berjalan aman, lancar dan tertib” ujar Aiptu Suwarno.

polres trenggalek

Posting Terkait