Edukasi Tentang Larangan Kendaraan Barang Mengangkut Orang.

99 views

Masih maraknya kendaraan barang untuk mengangkut penumpang di wilayah Kampak, hal ini tidak membuat Polri surut atau berhenti mengingatkan kepada para pengemudi dan pengguna jasa angkutan barang tersebut, Selasa (16/05).

Anggota Sabhara yang dipimpin Aiptu Setyo Bhakti Kanit Sabhara Polsek Kampak Polres Trenggalek kembali mengadakan edukasi disela patroli dialogisnya, sekaligus pembinaan dan penyuluhan kepada para pengemudi / awak angkutan umum dan pemilik kendaraan barang (Pick – Up) perihal larangan kendaraan barang untuk angkut orang dan tertib berlalu lintas.

Dalam edukasinya Kanit Sabhara menyatakan bahwa kegiatan ini sengaja diadakan sebagai media silaturahmi dan pencerahan kepada para awak kendaraan khususnya pick up mengenai aturan hukum dalam berkendara / peruntukanya sebagaimana tertuang dalam pasal 137 ayat (4) UURI Nomor 22 tahun 2009 tantang lalu – Lintas dan Angkutan Jalan. Kamseltibcarlantas dapat terwujud apabila para pengguna jalan memperhatikan ‘ tiga siap ‘ yakni siap patuhi peraturan lalu lintas, siap kendaraan dan siap fisik / mental pengendara.

Namun apabila hal – hal diatas diabaikan, termasuk juga mengabaikan kendaraan angkutan barang untuk angkut penumpang, maka peluang kemungkinan terjadinya kecelakaan jauh lebih besar.

Untuk itu bersamaan dengan diadakanya edukasi ini, diharapkan kepada para pengemudi dan pemilik kendaraan angkutan barang untuk saling mengingatkan, agar tidak lagi mengangkut orang dengan kendaraan barang. Karena ke depan sudah tidak toleransi lagi dan pelanggaran diatas akan ditindak tegas sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

Kegiatan ini mendapatkan sambutan hangat dari para pemilik dan sopir kendaraan barang, hal ini tercermin dari antusiasnya mereka mengajukan pertanyaan sampai benar – benar memahaminya.

“Upaya Polsek Kampak dalam memberikan edukasi kepada para sopir pick up merupakan wujud kepedulian Polri terhadap keselamatan masyarakat dan dalam rangka sosialisasi undang-undang” ujar Aiptu Setyo Bhakti Kanit Sabhara Polsek Kampak Polres Trenggalek.

 

 

polres trenggalek

Posting Terkait