Dukung Desa Asri, Bhabinkamtibmas Hadiri Sosialisasi Tentang Eksplorasi Mineral Tambang

102 views

Polres Trenggalek – Desa Dukuh disamping penghasil buah manggis, durian, dan salak yang utama di Kecamatan Watulimo Trenggalek, tanahnya juga di klaim banyak mengandung mineral tambang. Itulah yang melatar belakangi PT. Sumber Mineral Nusantara (SMN) untuk mengeksplorasi mineral yang ada di Desa Dukuh.

Namun timbul pro dan kontra di masyarakat, ada yang setuju dengan kegiatan tersebut, namun juga tidak sedikit yang menolak, sehingga pada Jumat sore ini (21/4) PT. SMN menggelar sosialisasi tentang kegiatan tersebut bertempat di Masjid Darul Muttaqin Rt. 1 Rw. 1 Dusun Ponggok Desa Dukuh dengan menghadirkan Perangkat Desa Dukuh, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan undangan dari tokoh masyarakat sekitar 30 orang.

Dalam sosialisasi ini, Humas PT. SMN Wanjul Eflaini menyampaikan tahapan eksplorasi dari awal sampai akhir kegiatan dan pihaknya juga menyampaikan bahwa tidak ada dampak negatif dari kegiatan explorasi bagi kelestarian alam Desa Dukuh.

“Eksplorasi ini kami jamin aman dan tidak akan merusak kelestarian lingkungan, karena hanya kegiatan pengeboran sedalam 270 meter untuk mengambil sampel tanah untuk dilakukan penelitian, setelah itu lubang bekas pengeboran ditutup kembali” tambah Wanjul.

Bhabinkamtibmas Desa Dukuh, Bripka Ibnu Mubarok menanggapi penyampaian dari pihak perusahaan secara hati-hati, karena masalah kegiatan eksplorasi ini masih belum bisa diterima oleh sebagian besar masyarakat Desa Dukuh.

“Semua keputusan kami serahkan sepenuhnya kepada warga, posisi kami netral, kami hanya mengawal jalannya kegiatan untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, yang penting bagi kami adalah Desa Dukuh tetap asri dan lestari, dan masyarakatnya aman tenteram” tambah Bripka Mubarok.

Saat ini masih belum bisa diputuskan apakah kegiatan ini akan terus berlanjut atau tidak, semuanya masih menunggu keputusan dari hasil musyawarah warga Desa Dukuh di lain hari. Sampai kegiatan selesai, sosialisasi berjalan lancar dan suasana tetap aman kondusif.

polres trenggalek

Posting Terkait