Desa Sugihan Kampak Trenggalek Bentuk KP-ASI (Kelompok Pendukung Air Susu Ibu)

46 views

Polres Trenggalek – Air susu ibu adalah susu yang diproduksi oleh manusia untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat, Desa Sugihan Kampak Trenggalek mengadakan pertemuan dan pembentukan kelompok pendukung air susu ibu, Rabu (17/05).

Sering kita menemukan seorang ibu yang tidak mau menyusui bayinya sendiri, kebanyakan dari mereka lebih memilih memberikan susu botol ketimbang memberikan ASI eksklusif, banyak dari ibu yang tidak memberikan ASI nya khawatir bayinya tidak mendapat manfaat ASI eksklusif yang seharusnya mereka berikan. kerugian lain adalah sang ibu akan takut kalo mereka tidak bisa memperkuat ikatan batin antara anaknya dengan dia dikarenakan kurangnya kontak fisik saat menyusui.

Sesungguhnya ASI memilik banyak manfaat diantaranya adalah ASI eksklusif merupakan sumber paling efektif untuk mencegah kematian anak namun hanya kurang dari 40 persen bayi di bawah 6 bulan menerima manfaat pemberian ASI. Bayi di bawah usia 2 bulan yang tidak disusui adalah enam kali lebih mungkin untuk meninggal akibat diare atau infeksi saluran pernapasan akut daripada mereka yang disusui,  Sekitar 1,3 juta kematian dapat dicegah setiap tahun ketika pemberian ASI ekslusif meningkat menjadi 90 persen. Melihat manfaat ASI yang begitu besar maka dibentuklah kelompok pendukung air susu ibu di Desa Sugihan Kampak Trenggalek yang dihadiri Bhabinkamtibmas Bripka Hariyanto sebagai dukungan untuk pembentukan kelompok tersebut.

“jangan pernah mengandalkan susu botol atau susu kaleng untuk tumbuh kembang anak kita, karena ASI lebih baik manfaatnya bagi anak anak kita” ujar Bripka Hariyanto.

polres trenggalek

Posting Terkait