Cukup 1 Hari Ujian Sudah Ditetapkan Calon Perangkat Desa

112 views

Polres Trenggalek – Rabu (19/4), bertempat di kantor PKK kecamatan Pule,  akan dilaksanakan ujian penjaringan perangkat desa. Dalam pelaksanaannya mengacu pada Perbup Trenggalek nomor :46 tahun 2016. Di wilayah kecamatan Pule ada 3 desa kekosongan perangkatnya, yaitu desa Tanggaran untuk formasi jabatan kaur umum dan kasi pemerintah, desa Puyung untuk formasi jabatan kasun Krajan dan kasun Ponggok serta desa Pakel untuk formasi jabatan kasi pemerintah.

Menindak lanjuti kekosongan perangkat ini dilaksanakan ujian penjaringan calon perangkat desa, diikuti oleh 20 peserta, dengan materi ujian meliputi ujian tulis, praktik IT dan wawancara. Sebagai calon perangkat, peserta harus memenuhi syarat lolos penjaringan dan penyaringan ini.

Sebelum ujian dimulai, terlebih dahulu dilaksanakan upacara pembukaan, dihadiri Muspika, panitia ujian dan peserta ujian, dalam kesempatan ini, camat Pule menegaskan  “bahwa dalam pelaksanaan ujian ini, murni diselenggarakan oleh team panitia penjaringan calon perangkat desa, pihak kecamatan hanya mempasilitasi tempat, peserta harus mentaati tata tertib yang ada serta hasilnya langsung disampaikan setelah selesai mengikuti ujian. Semoga ujian ini bisa berjalan dengan aman, lancar dan sukses”.

“Jangan sampai ada praktek KKN sehingga setelah pelaksanaan ada persoalan hukum, satu hal yang harus diperhatikan kepada para peserta, harus legowo(lapang dada) menerima hasil dari ujian ini, siap kalah dan menang, jangan melakukan hal – hal yang merugikan diri sendiri, ini biasanya dilakukan yang tidak lulus memanfaatkan medsos menuduh panitia curang, ingat bisa terancam UU 18 tahun 2011 tentang ITE (Informasi dan Transaksi Ektronik)”.Tegas Suraji.

Sekira pukul 16.00 wib, panitia mengumumkan hasil seleksi untuk desa Tanggaran formasi jabatan kaur umum Sunarti dan kasi pemerintahan Eko Ribut Setyawan, desa Pakel formasi jabatan kasi pemerintahan Nining Wahyuni sedangkan desa Puyung formasi jabatan kasun krajan Slamet Riyanto dan kasun Ponggok Suyono. Direncanakan pada bulan Mei calon perangkat desa yang lolos ini, akan dilantik oleh kades masing – masing desa.

Berkat kesiapan pengamanan, anggota Polsek Pule Polres Trenggalek bersama Koramil dan Satpol PP, pelaksanaan ujian berjalan lancar, situasi kondusif aman terkendali.

polres trenggalek

Posting Terkait