Bhabinkamtibmas Kawal dan Awasi Pembagian Rastra

60 views

Polres Trenggalek – Untuk menghindari terjadinya penyelewengan pendistribusian beras sejahtera (Rastra)  kepada masyarakat pra sejahtera atau masyarakat yang tidak mampu dan yang berhak menerimanya, Bhabinkamtibmas desa Suruh Polsek Suruh Polres Trenggalek Brigadir Ferry Eko,  SH  terjun langsung dan mengawasi serta memantau pembagian beras sejahtera (Rastra) pada Selasa (16/05). Hal ini guna mencegah terjadinya hal hal yang tidak diinginkan terjadi di desa Suruh yang merupakan desa binaan dari Brigadir Ferry Eko,  SH.

“Beras Sejahtera (Rastra)  merupakan program dari Pemerintah yang diberikan kepada warga masyarakat kategori miskin dengan kriteria tertentu Rastra dikelola oleh Bulog bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dalam hal ini aparat Kecamatan dan Desa, pendistribusian Beras Sejahtera (Rastra) dilakukan oleh perangkat desa dan selama proses penyaluran, Bhabinkamtibmas Polsek Suruh Polres Trenggalek selalu melakukan pantauan serta pengawasan,” kata Brigadir Ferry Eko,  SH.

Lebih lanjut Brigadir Ferry Eko,  SH menjelaskan bahwasannya jumlah penerima Rastra di desa Suruh sebanyak 171 KK dan yang diterimakan saat ini untuk 2 bulan yaitu Januari dan Pebruari sebanyak 2 Sak sejumlah 30 Kg beras adapun syarat dari pengambilan Rastra  yaitu membawa Fotocopy Ktp dan KK serta uang tebusan Rp. 24.000 per sak jadi warga masyarakat yang berhak menerima beras sejahtera (Rastra) harus membayar Rp. 48.000.

“Fungsi Kepolisian dalam hal ini yaitu melaksanakan dan melakukan monitoring serta pengawasan terhadap pendistribusian beras sejahtera (Rastra)  tersebut, kehadiran Anggota Polsek Suruh Polres Trenggalek sangat penting, mengingat selama ini berkembang cerita tentang penyelewengan beras rastra yang dulunya bernama raskin yang tidak disalurkan kepada warga masyarakat yang berhak. Misalnya ada cerita beras malah dijual kepada tengkulak, dan sebagainya dengan berbagai alasan,” terang Kapolsek Suruh.

Lebih lanjut Kapolsek Suruh menjelaskan agar petugas dari Polsek Suruh Polres Trenggalek untuk betul betul melaksanakan pengawalan dan pengawasan terhadap pendistribusian beras sejahtera ini, dan kami mengharapkan warga masyarakat yang mendengar atau mengetahui adanya kecurangan dalam pendistribusian agar melaporkan baik kepada Bhabinkamtibmas maupun Polsek Suruh Polres Trenggalek.

“Beras sejahtera atau Rastra itu sendiri diperuntukkan bagi masyarakat pra sejahtera atau warga nasyarakat yang kurang mampu dan bertujuan agar penyaluran beras sejahtera ini bisa tepat sasaran serta mencegah terjadinya penyimpangan-penyimpangan yang mungkin timbul pada saat pembagian beras rastra kepada warga yang berhak. Sehingga pengawalan dan pemantauan dilakukan oleh pihak personil Polsek Suruh Polres Trenggalek secara berkesinambungan dapat terlaksana dengan baik.” Pungkas Kapolsek Suruh AKP H.  Yasir,  WSD,  SH.

polres trenggalek

Posting Terkait