Bhabinkamtibmas Desa Tanggaran Hadiri Penilaian Bina Keluarga Lansia

115 views

Polres Trenggalek – Adanya kelompok kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keluarga yang memiliki lanjut usia dalam pengasuhan, perawatan dan pemberdayaan lansia agar dapat meningkatkan kesejahteraannya, dari salah satu BKL yang ada di desa Tanggaran kelompok Dahlia yang akan dinilai dari BKKBN Propinsi jawa Timur dengan mengundang unsur tiga pilar desa termasuk Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Bripka Andik Iswahyudi yang hadir dalam kegiatan, Jum’at ( 16/3 ).

 

 

Dari informasi yang diterima Bhabinkatibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Bripka Andik, tujuan Bina Keluarga Lanjut Usia (BKL), untuk meningkatkan kesejahteraan lansia melalui kepedulian dan peran keluarga dalam mewujudkan lansia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, produktif dan bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat.

 

 

Dalam penyampaian salah satu Nara Sumber dalam Kegiatan, Lansia (lanjut usia) adalah kelompok orang tua yang sering dicap membebani karena sudah tidak produktif, tidak mampu mengurus diri sendiri, sakit-sakitan, pikun serta sederet stigma negatif lain. Seolah ingin dikatakan Yang tersisa tinggal sepahnya. Tidak ada manisnya sama sekali.

 

 

Kelemahan utama lansia adalah adanya gangguan beberapa fungsi fisik sekaligus (multi-patologi) serta beragam keluhan yang biasanya bersifat psikologis. Perasaan ‘tidak berguna’ acap terselip di benak lansia yang berakibat menurunnya semangat hidup mereka.

 

 

Lansia dinilai sudah melampaui fase produktif sehingga pembinaannya lebih difokuskan untuk mempersiapkan hidup sesudah kematian. Tidak dipungkiri, jika kata kematian saja sering tidak ingin mereka dengar. Menyikapi hal ini, dalam kegiatannya, lansia banyak dibimbing untuk menikmati sisa hidup serta mengungkapkan rasa syukur secara nyata.

 

 

“ Kami mendukung adanya kegiatan Bina Keluarga Lanjut Usia yang ada di desa Tanggaran dengan kelompoknya Dahlia, harapanya dengan diadakanya Kegiatan seperti ini akan memberikan arti pada kehidupanya, “ kata Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek desa Tanggaran Bripka Andik saat dikonfirmasi.

 

polres trenggalek

Posting Terkait