Bhabinkamtibmas Desa Kerjo Memberikan Teknik Menyemprot Tanaman Yang Benar Dan Aman

180 views

Polres Trenggalek – Penyemprotan pada tanaman merupakan kegiatan dalam budidaya tanaman dengan tujuan untuk memberikan asupan unsur hara dan untuk mengendalikan hama dan penyakit.

Bhabinkamtibmas Desa Kerjo Bripka Asngari yang bertugas di Polsek Karangan, Polres Trenggalek saat sambang di desa binaannya menyasar ke kebun penduduk dan mendapati ada petani yang sedang menyemprot tanaman miliknya. Bhabinkamtibmas satu ini yang memang berpengalaman dibidang bercocok tanam, memberikan trik dan tip tata – cara menyemprot tanaman yang benar dan aman, Sabtu (22/4).

“Begini pak, maaf saya beritahu ya cara menyemprot tanaman yang benar kita harus tahu kenapa kita menyemprot tanaman, yang pertama agar tanaman bisa subur karena kita memasukkan unsur hara ke tanaman agaplah ini vitaminnya. Kemudian yang kedua penyemprotan karena tanaman kita terkena hama dan penyakit, kita menyemprot  agar hama dan penyakit mati dan tiadak menyerang tanaman kita lagi anggap ini dalah obatnya,”tutur Bripka Asngari.

Lebih lanjut Asngari menerangkan bahwa penyemprotan untuk mematikan hama dan penyakit menggunakan pestisida yang mengandung unsur kimia yang berbahaya atau mengandung racun, kalau kita sampai menelan atau menghirup udara yang mengandung pestisida itu bisa keracunan bahkan bisa sampai meninggal dunia.

“Bapak kalau menyemprot tanaman usahakan jangan menghadap arah angin, jadi kita harus tahu dulu  dari arah mana  angin bertiup nah ini harus dibelakang kita, kemudian kita menyemprot boleh maju atau mundur,” terang Bhabinkamtibmas Desa Kerjo ini menyakinkan.

Ditrangkan kembali oleh Asngari bahwa ada beberapa kejadian di desa lain di wilayah Kecamatan Karangan yang belum lama, gara – gara menyemprot padi berlawanan arah angin atau menghadap ke arah angin petani tersebut meninggal dunia di tengah sawah karena kehabisan oksigen, dikarenakan kebanyakan menghirup asap racun yang disemprotkan pada tanaman padi tersebut.

Petani tersebut seakan tidak percaya kok ada polisi bisa menerangkan masalah pertanian, dengan menganggukkan kepala seakan dia baru tahu tip dan trik menyemprot tanaman yang benar dan aman.

“Terima kasih pak polisi saya sudah dingatkan dan ini sangat bermanfaat untuk saya,” ucap pak tani yang sedari tadi selalu memperhatikan. (sd)

polres trenggalek

Posting Terkait