Antisipasi Mayday, Polres Trenggalek Laksanakan Apel Gelar Pasukan

95 views

Polres Trenggalek – Mengantisipasi berbagai kemungkinan peringatan hari buruh Internasional atau Mayday, Polres Trenggalek melaksanakan Apel Gelar Pasukan di halaman Mapolres Trenggalek, Sabtu (29/04).

Bertindak selaku pemimpin apel adalah Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.si dan komandan Apel Kasat Sabhara AKP Rudi Purwanto, SH dengan peserta Apel dari Kodim 0806 Trenggalek, Polres Trenggalek, Satpol PP dan Dinas perhubungan Kabupaten Trenggalek.

Hadir pula dalam Apel tersebut jajaran forkopimda antara lain, Bupari Trenggalek Dr. Emil Elestianto, M.Sc, Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek Samsul Anam, perwakilan dari Kodim 0806 Trenggalek dan Kajari Trenggalek serta Kepala OPD Pemkab Trenggalek.

Dalam amanatnya AKBP Donny menyampaikan bahwa Mayday adalah sebuah istilah yang merujuk pada hari buruh internasional yang diperingati  setiap tanggal 1 Mei. Mayday juga dianggap sebagai momentum yang tepat untuk menyuarakan hak kaum buruh diberbagai belahan dunia tak terkecuali indonesia. Berbagai isu sensitif seperti kenaikan upah buruh dan penghapusan outsourching kerap diangkat pada tiap peringatan Mayday.

Masih kata AKBP Donny, bagi para buruh yang akan melakukan aksi, negara telah memberikan ruang kebebasan berekspresi  melalui undang-undang no 9 tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum. Namun yang harus dipahami adalah koridor dan batasan-batasan yang tidak boleh dilanggar demi terciptanya situasi yang kondusif.

“Meskipun di Trenggalek tidak ada perusahaan yang memiliki buruh dengan jumlah besar, namun kesiapsiagaan harus tetap dilakukan demi terciptanya Kamtibmas Kondusif di Trenggalek” tegas AKBP Donny

Dalam Apel Gelar Pasukan tersebut AKBP Donny berkesempatan memeriksa pasukan beserta perangkat pendukung lainnya untuk memastikan kesiapan dan persiapan menghadapi situasi kontijensi yang membutuhkan kecepatan dan kesigapan petugas.

polres trenggalek

Posting Terkait