Amankan 2 Orang, Dikarenakan Melanggar PERDES

72 views

Polres Trenggalek – Kehadiran dan wujud tugas unsur 3 pilar dalam penyelesaian masalah, Brigadir Bachtiar HN selaku Bhabinkamtibmas Desa Wonocoyo Polsek Panggul Polres Trenggalek  telah melakukan penyelesaian masalah terkait pelanggaran Peraturan Desa (Perdes) Desa Wonocoyo Nomor 4. Tahun 2014 di Balai Desa Wonocoyo Kec.Panggul Kab.Trenggalek. Selasa (02/05)

Perdes Nomor 4 tahun 2014 Desa Wonocoyo Kec.Panggul Kab.Trenggalek tersebut yaitu tentang Perlindungan ,pengendalian, dan pemanfaatan satwa dan tumbuhan di Balai Desa Wonocoyo pasal 7 ayat 1 (c) tentang menangkap makhluk hidup dan atau tumbuhan didalam air menggunakan listrik atau racun sehingga mengakibatkan ekosistem air mati, baik diperairan sungai, kali,sawah, ataupun diperairan yang lain.

Hadir dalam giat tersebut :

  1. Kades Wonocoyo Didik Herkunadi.
  2. Carik Wonocoyo Eko Margono.
  3. Bhabinkamtibmas Desa Wonocoyo Brigadir Bachtiar HN.
  4. Babinsa Desa Wonocoyo Sertu Suharjo.
  5. Satgas lingkungan hidup Purwito.

Satgas lingkungan hidup Desa wonocoyo mendapat informasi dari masyarakat bahwa di sekitar perairan Dsn. Karang Desa Wonocoyo ada beberapa yang diduga telah melakukan kegiatan menangkap ikan dengan menggunakan potasium sianida (bius ikan) dan setelah di lakukan pengecekan Bhabinkamtibmas, babinsa bersama pemerintah Desa Wonocoyo, dan beberapa warga memang benar telah terjadi aktifitas tersebut yang dilakukan oleh 2 orang yang berisinisal AW dan RY semua warga Desa Wonocoyo. Kemudian dilakukan pengamanan terhadap 2 orang tersebut beserta barang bukti 1 buah jenset, 3 meter selang, dan bungkus sisa potasium yang telah digunakan.

“Sebelumnya memang sudah kami himbau dan sosialisasi kepada warga masyarakat tentang perdes tersebut, tapi mungkin karena kelalaianya atau kurang paham akhirnya 2 orang ini melakukan pelanggaran tersebut” Ujar Kepada Didik Herkunadi Desa Wonocoyo .

Ditempat terpisah Brigadir Bachtiar HN Bhabinkamtibmas Desa Wonocoyo membenarkan kejadian tersebut. “Ya, memang benar ada 2 orang yang melakukan penangkapan ikan di sungai dengan menggunkan potasium, dan kami bawa ke Balai Desa Untuk mempertanggung jawabkan”.

Dalam hal ini selanjut dilakukan penyelesaian  permasalahan tersebut  di Balai Desa Wonocoyo dengan membuat surat pernyataan yang intinya tidak akan mengulangi lagi perbuatanya dan mengganti benih ikan yang mati untuk di lepaskan kembali kesungai tersebut dengan disaksikan oleh pemerintah Desa Wonocoyo, Bhabinkamtibmas Desa Wonocoyo, Babinsa Desa Wonocoyo dan satgas lingkungan hidup Desa Wonocoyo.(dkzld)

polres trenggalek

Posting Terkait