Aiptu Gatot Bhabinktibmas Karanganyar : Jaga Keselamatan Gunakan Bak Terbuka

55 views

Polres Trenggalek – Melakukan pembinaan langsung dengan pemilik kendaraan pick up yang biasa angkut barang ke wilayah Pule, Kamis (18/5). Dilakukan Aiptu Gatot yang menjadi BHKTM Desa Karanganyar Polsek Pule Polres Trenggalek, untuk pencegahan kejadian kecelakaan yang disebabkan kendaraan pick up, angkut orang.

Di awali dari perjalanan menuju kantor Desa Karanganyar, guna melakukan kegiatan sambang dengan kepala desa. Dalam perjalanannya dia mendapati mobil pick up yang sedang muat kayu pinus rakyat, dengan beberapa orang yang menumpang diatasnya. Dengan segera, Aiptu gatot menghentikan kendaraan Pick up yang sedang muat orang, seraya melakukan pembinaan keselamatan.

Sekarang ini masih berlangsung Operasi Patuh Semeru 2017, dengan sasaran penindakan para pelanggar lalu lintas baik kendaraan roda dua maupun roda empat dengan tilang. Termasuk yang di lakukan oleh sopir pick up ini, sudah melanggar Undang Undang Lalu Lintas Angkutan Jalan Nomor 22 Tahun 2009, karena tidak sesuai peruntukannya, ini artinya mobil bak muatan terbuka sebagai mobil barang hanya diperuntukkan sebagai mobil yang mengangkut barang, bukan mengangkut orang.

Termasuk wilayah Pule. Kita mengamati masih adanya kendaraan dengan bak terbuka selain angkut barang, juga mengangkut orang dalam prakteknya di pegunungan. Sarana trasportasi ini yang notabene  bisa menjangkau di wilayah pegunungan, tanpa memperhatikan keselamatan.

Penggunaan mobil pick up bisa digunakan mengangkut orang, dalam kegiatan sosial yang sangat urgen. Hal demikian bisa dilakukan bila digunakan untuk mengangkut korban kecelakaan yang membutuhkan angkutan pick up, itu menurut aturan yang ada dan berlaku.

Demi keselamatan orang yang diangkut menggunakan mobil pick up, di terangkan untuk meningkatkan kewaspadaan mengingat jalur pegunungan, seperti wilayah Karanganyar jalurnya naik turun, sempit dan jalannya berlobang-lobang butuh kehati-hatian penggunanya. Dengan pembinaan yang disampaikan, warga mematuhi dan mengerti tentang keselamatan dalam menggunakan kendaraan bermotor, serta diberlakukannya Operasi Patuh Semeru 2017.

“Sudah saya pesankan penggunaan mobil pick up untuk mengangkut orang, bisa dilaksanakan dengan melalui pengecualian, demi kepentingan lain di sini ditentukan atas dasar pertimbangan kepolisian negara Republik Indonesia dan/atau pemerintah”. Kata Aiptu Gatot setelah dikonfirmasi di mako Polsek Pule Polres Trenggalek.

polres trenggalek

Posting Terkait